Latest Post

Gelaran STUDIORAMA Kelima Akan Dimeriahkan oleh Ramayana Soul, Voyagers of Icarie dan Future Collective

Lebih dari satu tahun telah berlalu sejak STUDIORAMA #4 terselenggara dengan sukses, tak lama lagi ajang yang merupakan pusat karya audio dan visual berkarakter ini akan digelar untuk kelima kalinya.

Dilaksanakan pada 18 Oktober mendatang mulai pukul 15.00 WIB dengan lokasi di aula konser Rossi Musik Fatmawati, Jakarta, STUDIORAMA #5 akan memuaskan dahaga khalayak yang sudah menanti tindak lanjut pergelaran tahunan ini.

STUDIORAMA masih mempertahankan formula terbaik mereka—bila tidak rusak, untuk apa diperbaiki?—dengan menjalankan dua tahapan untuk STUDIORAMA #5: STUDIORAMA SESSIONS dan STUDIORAMA LIVE #5.

STUDIORAMA SESSIONS adalah video hasil kolaborasi dari musisi dan seniman kolaborator yang berniat memberikan suguhan bernafas segar berupa perpaduan musik dan seni di luar musik. Video tersebut diarahkan untuk menangkap visualisasi para musisi dalam memainkan beberapa lagu secara live. Lebih jauh lagi, para seniman kolaborator turut berperan serta dalam merekonstruksi proses kreatif pembuatan video live tersebut. Proyek video yang disebarluaskan melalui Internet ini juga ditujukan untuk memberikan petualangan audiovisual yang sensasional dalam menyambut penampilan langsung para pengisi acara di panggung STUDIORAMA LIVE #5. Video-video tersebut diunggah ke akun YouTube resmi STUDIORAMA di https://www.youtube.com/user/studioramajkt.

Pentas musik STUDIORAMA LIVE #5, yang didukung oleh Quall.com (http://quall.com/) selaku toko online spesialis busana pria, akan menampilkan masing-masing musisi yang tampil dalam STUDIORAMA SESSIONS. Selain menyuguhkan penampilan mandiri tiga unit musikal yang telah ditetapkan sebagai pengisi acara, STUDIORAMA LIVE #5 juga akan menjadi ajang kolaborasi dari ketiga nama tersebut sebagai puncak acara. Kolaborasi tersebut akan turun dalam rupa sebuah komposisi audio hasil cipta kolektif ketiga pengisi acara STUDIORAMA LIVE #5.

Ada pun tiga band yang akan tampil pada STUDIORAMA LIVE #5 adalah Ramayana Soul, Voyagers of Icarie dan Future Collective. Ketiga nama ini dipilih setelah proses diskusi alot antara para pengelola STUDIORAMA, serta juga karena keragaman musikal yang masing-masing band tersebut usung; semakin menekankan bahwa pertunjukan ini tak mengenal sekat berupa aliran musik.

Ramayana Soul berawal dari proyek solo gitaris Pestolaer, Erlangga Ishanders, yang kemudian berangsur mekar menjadi band. Memainkan musik psikedelik dengan unsur ketimuran, popularitas band ini tengah menanjak seiring dengan akan dirilisnya album perdana mereka lewat label rekaman Wasted Rockers Recordings. Untuk STUDIORAMA #5, mereka berkolaborasi dengan duo penari yang terdiri dari praktisi yoga Aras Ratri Kara serta pelaku tari kontemporer Aya Adhani. Lagu-lagu Ramayana Soul dapat didengar di: https://soundcloud.com/ramayanasoul.

Fakta bahwa Voyagers of Icarie kerap kali disebut ‘band mitos’ karena kelangkaan penampilan panggung, membuat aksi mereka pada STUDIORAMA #5 berstatus langka nan mewah. Maklum, banyak sekali yang menunggu penampilan unit musik yang dikepalai oleh Budi Candra Marcukundha ini. Mereka berkolaborasi dengan dua nama untuk STUDIORAMA #5, yaitu ahli motion graphic dalam negeri Isha Hening dan pelukis Endira F. Julianda. Beberapa lagu Voyagers of Icarie yang indah bisa disimak di: https://myspace.com/larelareikaria/music/songs.

Sementara itu, Future Collective merupakan identitas dari proyek musik duo Tida Wilson dan Sawi Lieu; keduanya nama panggung. Mereka menampilkan pop instrumentalia—menyebutnya lounge atau space-age pun tak salah—dengan keriuhan instrumentasi berfondasi pop renyah yang nyaman dikonsumsi telinga; padat namun minimalis. Album perdana mereka yang bertajuk #1: Ensemble Instrumental de Musique Contemporaine mendapat ulasan positif dari Rolling Stone Indonesia, menyebutnya: “Kelas master musik pop dari dua futurist ini.” Future Collective akan berkolaborasi dengan seniman serba bisa, Duto Hardono, untuk STUDIORAMA #5. Karya-karya Future Collective dapat dinikmati lewat tautan https://soundcloud.com/futurecollective.

Ada pun harga tiket STUDIORAMA #5 dipatok Rp 40 ribu dan dapat dibeli langsung pada hari H di lokasi konser. Namun jika ingin menjadi yang terdepan, bisa membeli tiket pre-sale terbatas berformat paket yang terdiri dari tiket, kaos dan tote bag yang merupakan hasil kolaborasi STUDIORAMA x Leap of Faith, beserta poster A4 rancangan Ardneks; hanya dapat dibeli secara eksklusif melalui situs jual beli berbasis gaya hidup, bobobobo (http://bobobobo.com/treat/treats/special-events/studiorama-live-5-limite...).