Latest Post

JAKARTA 32°C 2014

Penyelenggaraan Pameran Karya Visual Mahasiswa Jakarta - Jakarta 32°C 2014 memasuki tahun kesepuluh dan kali keenam sejak pertama diadakan pada 2004. Dalam kurun waktu tersebut, telah muncul banyak perkembangan baik dari sisi kuantitas peserta dan pengunjung, dan juga kualitas karya yang ditampilkan. Pada 2014 ini, Jakarta 32°C telah berlangsung selama dua bulan, terhitung secara efektif dari pertengahan Oktober hingga minggu kedua Desember.

Untuk memperkuat proses kerja artistik, fokus pada kegiatan lokakarya tahun ini lebih ditingkatkan. Program aplikasi karya ditiadakan, diganti dengan aplikasi pendaftaran lokakarya. Tercatat ada 40 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dengan latar belakang jurusan yang berbeda ikut terlibat dalam 10 program lokakarya: Arsitektur, Komik, Drawing, Video, Object Art, Seni Performans, Seni Ruang Publik, Fotografi, Art Merchandise, dan Seni Digital.

Komplotan Jakarta 32°C mengajak peserta memanfaatkan area Kota Tua dan sekitarnya untuk melihat kembali bagaimana narasi-narasi yang muncul di kota ini dan menggunakannya sebagai sumber daya kreatif. Selain menggunakan narasi Kota Tua, pameranJakarta 32°C 2014 ini juga mencoba melakukan pendekatan dengan menggunakan tempat-tempat di sekitaran Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua, antara lain: Gedoeng Jasindo, Kedai Seni Djakarte, dan Historia Food & Bar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan atmosfer yang dibangun dalam konsep-konsep karya yang ditampilkan.

Penggunaan ruang-ruang publik ini juga bertujuan untuk memudahkan akses bagi para pengunjung untuk dapat menikmati karya seni. Lewat pameran ini, diharapkan muncul gagasan kritis dan kreatif serta karya-karya visual segar, inspiratif  dan kontekstual.Pameran akan dibuka pada 13 Desember 2014, pukul 14.00 WIB dan akan berlangsung hingga 21 Desember 2014.

Setiap lokakarya akan menampilkan karya pada lokasi tersendiri yang sesuai dengan nuansa yang muncul dari setiap lokakarya. Selain pameran, Jakarta 32°C 2014 juga akan diisi dengan berbagai acara seru: Presentasi khusus dari Surabaya dan Semarang, pemutaran filem dan video, lokakarya bersama Cut & Rescue dan Komikazer, serta diskusi dengan mengundang organisasi anak muda yang berpengaruh.