Latest Post

Ngomongin Zine: Everybody Can Make a Zine

Everybody Can Make a Zine”. Ya, semua orang bisa membuat zine! Semangat inilah yang mendasari diadakannya Ngomongin Zine, bagian dari rangkaian acara Kemang Art and Coffee Festival 2014 yang diadakan di Gallery 678, Kemang. Dalam Ngomongin Zine, pengunjung dapat bertemu dengan 8 zinemaker dari Jakarta dan luar kota, dan berkenalan dengan zine serta mendapat informasi baru mengenai perkembangan budaya zine saat ini.

Tapi, memangnya apa itu zine? Meminjam pengertian Stephen Duncombe di buku Notes from the Underground, zine adalah “...majalah non-komersil, non-profesional, dan bersirkulasi kecil yang diproduksi, diterbitkan, dan didistribusi oleh penciptanya sendiri.”

Namun, itu definisi secara garis besar. Bahkan, delapan zinemaker peserta Ngomongin Zine tidak bisa bertemu pada satu definisi yang saklek mengenai apa itu zine. Dan justru di situ letak keindahannya. Alih-alih dibatasi oleh kemauan pasar dan pertimbangan etika jurnalistik profesional, zine memberikan kendali atas penuh informasi, konten, dan medium pada sang zinemaker, dan seringkali berujung pada karya yang sangat personal, unik, dan berani. Singkat kata: Tulis dan/atau gambar apapun yang kita mau, dengan cara yang kita mau, dan disebarkan semau kita. Mulai dari zine berisi curhatan pribadi yang difotokopi dan dibagi-bagi di kantin kampus, zine rapi berkualitas tinggi yang penuh artwork keren, hingga webzine musik yang dikelola bareng teman-teman, semua orang bisa bikin zine!

Setelah mengikuti sesi Ngomongin Zine, semoga semakin banyak orang bisa berkenalan dengan zine, bahkan tergerak untuk membuat zine-nya sendiri. Zine: Just Make It!! Apa saja acara yang akan diadakan oleh Ngomongin Zine?

Pojok Zine

Di area Pojok Zine, akan dipamerkan beberapa karya zine yang telah dibuat oleh para teman-teman pegiat zine di Jakarta dan luar kota. Pengunjung dapat membacanya dengan bebas di lokasi, membawa zine buatannya atau koleksinya sendiri, dan barter dengan pengunjung lainnya (mohon dicatat: zine yang dipamerkan jangan ikut dibarter). Pojok Zine akan hadir selama acara Kemang Art and Coffee Festival 2014 berlangsung, yaitu dari 28-30 November 2014.

Presentasi dan Diskusi

Para pengunjung juga dapat bertemu langsung dengan beberapa pegiat zine untuk mengetahui zine atau proyek menarik yang telah mereka buat, melalui acara diskusi Ngobrolin Zine yang akan diadakan pada Minggu, 30 November 2014, mulai dari pukul 17.00-18.30.

Para zinemaker yang akan mengisi diskusi ini adalah:

- Peniti Pink
- Primitif Zine
- Rally The Troops
- RAR Funzine
- Sobat Indi3
- The Future of The Past Zine
- @VNKDFNDR

- Disorder Zine Moderator: Raka Ibrahim (Disorder Zine)